bolavoli's blog

mencari dan memberi yang terbaik

PROFIL UKM BOLA VOLI IPB

June22

PROFIL UNIT KEGIATAN MAHASISWA (UKM) VOLI

INSTITUT PERTANIAN BOGOR

2010-2011

Nama Organisasi : UNIT KEGIATAN MAHASISWA (UKM) VOLI IPB

  1. A. Logo

Lambang UKM Voli IPB berbentuk logo IPB yang dikelilingi delapan bola voli sebagai lambang delapan Fakultas (ketika UKM Voli berdiri) yang berarti memperkuat tim UKM Voli dalam satu institusi yaitu IPB dan warna dasar biru cerah untuk mengharumkan IPB dalam bidang olahraga bola voli.

  1. B. Sejarah

Unit Kegiatan Mahasiswa Voli IPB didirikan pada tanggal 27 September 1997 untuk waktu yang tidak ditentukan lamanya. Organisasi ini bernama Unit Kegiatan Mahasiswa Bola Voli Institut Pertanian Bogor yang selanjutnya biasa disebut UKM Voli IPB dan berkedudukan di Institut Pertanian Bogor. UKM Bola Voli IPB tampil sebagai lembaga yang mampu menyalurkan bakat dan minat mahasiswa dalam bidang olahraga khususnya volly ball.

  1. C. Asas, Sifat dan Tujuan

UKM Voli  IPB berasaskan Pancasila dan berlandaskan UUD 1945 dan bersifat kekeluargaan dengan menjunjung tinggi sportifitas keolahragaan. Tujuan didirikannya UKM Voli secara umum adalah untuk meningkatkan partisipasi mahasiswa IPB dalam mengembangkan pervolian di Indonesia dan khususnya untuk mengharumkan almamater IPB di bidang bola voli. Selain itu Sebagai  wadah  pengembangan  bakat,  minat  dan  prestasi  mahasiswa  IPB  dalam bidang  bola voli, Membina persaudaraan dan kekompakan antara mahasiswa IPB dan Membina mahasiswa IPB menjadi manusia yang sportif

  1. D. Keorganisasian

Visi

Visi UKM bola voli adalah menjadikan olahraga Bola Voli sebagai salah satu cabang olahraga permainan yang menarik untuk dapat menyalurkan minat dan bakat mahasiswa serta mampu berprestasi dalam bidang olahraga khususnya bola voli.

Misi

Misi UKM Bola Voli adalah meningkatkan partisipasi mahasiswa  IPB dalam mendukung pengembangan cabang olahraga bola voli di lingkungan kampus dan mampu berkontribusi dalam memajukan cabang bola voli di Indonesia serta membina mahasiswa IPB menjadi manusia yang cinta akan olahraga.

Sistem Pendidikan dan Pengembangan Anggota

Setiap tahun UKM Voli IPB mengadakan Open Recruitment (penerimaan anggota baru) sebanyak dua kali dengan tujuan untuk mencari bibit-bibit baru (regenerasi) UKM. Sasarannya adalah mahasiswa baru, anggota baru melakukan registrasi pada saat jam latihan UKM Bola Voli IPB di Gymnasium IPB maupun pada waktu khusus yang disediakan oleh penggurus. Untuk pengembangan minat dan bakat anggota UKM, terdapat latihan rutin setiap hari Sabtu yang bertempat di Gymnasium IPB pukul 16.00-18.00. Latihan yang diberikan berupa latihan fisik dan pengembangan teknik serta taktik bermain voli serta melakukan sparing patner dengan club maupun UKM voli di universitas lain. Menu latihan diberikan oleh pelatih yang sengaja diundang dari luar institusi. Selain pengembangan minat dan bakat anggota, UKM juga mengembangkan kepemimpinan dan profesionalisme dengan mengadakan pelatihan wasit dan rapat pengurus. Serta melakukan rapat koordinasi dengan pembina. Pergantian kepengurusan dilakukan setiap tahun dengan pemilihan langsung oleh seluruh anggota UKM atau setidak-tidaknya ¾ dari anggota UKM yang hadir pada saat pemilihan.

Kesekretariatan

Mulai tahun 2009 organisasi kemahasiswaan yang ada di lingkungan kampus mendapatkan alokasi tempat (sekretariat), yang berada di jalan Rasamala lantai 2 gedung student center KampusDarmaga Bogor, 16680. Untuk hal-hal yang berhubungan mengenai UKM dapat mengkonfirmasi langsung melalui No.HP 0857 140 822 39 (Moh. Qomarudin-Ketua UKM, Qomar_Bio44@yahoo.com).

E.  Program Kerja Unggulan

Mengadakan coaching clinic di lingkungan kampus serta menggadakan turnamen bola voli se-kabupaten bogor pada saat ulang tahun UKM yaitu pada bulan September 2010.

posted under | No Comments »